Membuat Jam menggunakan Eventing

    Disini saya akan menjelaskan cara pembuatan jam analog (digital juga bisa), bagi pencinta game Harvest Moon mungkin mode waktu sangat di butuhkan, oke langsung aja ke materinya..

     di sini saya menggunakan event seperti "call common event", "Variable", "Picture", "Wait", "Color screen", pembuatan jam ini lakukkan di dalam common event, sehingga event hanya perlu memanggil yang udah kita buat, sebenarnya untuk memudahkan melakukkan editing pada waktu jika ada yang perlu di ubah.


(Gambar 1)

Penjelasan :
Change Screen Color Tone : Mengatur gelap terang pada tampilan
Show Picture ke 1 : fungsi menampilkan gambar berupa Jam dinding
Show Picture ke 2 : menampilkan gambar yang bertuliskan "siang,sore,malam,subuh,pagi,dsb"
Show Picture ke 3 : menampilkan gambar jarum jam
Wait : Waktu dalam Frame
Control Variable : menuju variable selanjutnya berfungsi npergantian common event (pergantian jam)


-------------------------------------------------------------------------------------
  • Kenapa saya membuat beberapa bagian common event dalam setiap waktu? tidak dalam satu common event?
     Klo pengalaman ane ya, jika di buat dalam 1 common event membuat waktu akan cacad jika berganti MAP.Secara event akan mengulang dari awal lagi, meski event sudah jalan setengahnya atau lebih. Beda jika menggunakan variable dan waktu di pecah menjadi beberapa bagian, otomatis jika jam pertama sudah lewat, maka dia (si event) akan menuju waktu selanjutnya atau variable selanjutnya sampai ke-n. otomatis variable 1 berganti ke 2, maka variable 1 tak akan jalan dan berganti menjadi 2. tak masalah jika berganti map.

-------------------------------------------------------------------------------------


     Selanjutnya membuat Event pada map untuk memanggil "common event" menggunakan "Call Common Event" dan "Variable" tentunya. Bisa di lihat pada gambar berikut :
(Gambar 2)

Pembahasan :
1. Variable (ane tandai merah besar) itu berfungsi untuk penggantian waktu yang saya bilang di pecah dalam setiap waktu berganti. Contoh : variable <1> untuk jam 5 pagi, variable <2> untuk jam 6pagi, dst.
2. Di Tab selanjutnya (ane tandai lingkaran merah kecil) itu berisi variable dan commont event selanjutnya.
3. Variable 1 jalan maka event apa yang terjadi? ia akan menjalankan sesuai perintah yaitu, memanggil common event yang sudah kita buat tadi atau lebih tepatnya memanggil yang ada di dalam Common event sesuai nama yang di masukan.
4. Karena dalam Common event sudah saya buat pergantian Variable, maka variable 1 akan di ganti dengan variable yang ada di common event (lihat pada 'Gambat 1'). itu artinya variable 1 ganti ke variable selanjutnya/sebaliknya.


Untuk download properti Jam nya silahkan : Download




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara relevan sesuai topic yang di bahas..
Pengunjung yang super selalu meninggalkan jejak di komentar.