Event Kebun menggunakan Conditional Branch

Kali ini saya akan membagi cara bagaimana membuat event semacam Harvest moon gitu, salah satunya bercocok tanam, hmm.. namun.. masih bisa di kembangkan lebih jauh lagi.

1. sediakan char untuk graphic tanaman
2. mulai eventing, contohnya seperti ini :
(Gambar 1. Penampakkan Eventing)

Penjelasan :
  1. Kalau kamu nginjak tuh event (Player Touch) maka kamu akan terkejut dan bertanya "Tanam ?"
  2. Sekarang tinggal pilih (Show Choice), mau tanam Stroawberry (adaw susah tulisannya) atau Jagung ?
  3. Strawberry atau jagung ya?.. hmm.. Jagung aja deh.. jangan.. Strawberry aja..
  4. Jika kamu memilih strawberry maka apa yang terjadi? (Zonk!!) karena kmu belum ada item berupa 'Bibit Strawbery', sekarang kamu menanam jagung.. ternyata zonk juga. "tidak ada bibit"..
  5. Kamu mencoba mencari bibit itu dipasar terdekat, tapi karena kamu gak punya uang, kamu mencoba memintannya. lagi2 kamu gak di kasih. kamu ngutang dulu, syukur deh kamu di kasih. tapi ingat, bibit itu gak di kasih, tapi ngutang.. (wkwk..)
  6. Kamu mencoba menanam lagi, bibit yang tersedia adalah bibit strawberry, sekarang nggak ZONK!, kamu berhasil, namun apa yang terjadi ?
  7. Rupanya ada perubahan event, karena Variable yang ada di sana bakal di jalankan. 
  8. lahh.. jadi begini ternyata? sekarang ada tampilan rumputnya.
    (Gambar 2. Penampakan setelah panggilan variable)
    • Karena menanam strawberry tuh manggilnya kan variable "0052: Bibit Slot 1 v2 =1" maka coba liat gambar ini, ia menuju ke variable tersebut (yg ada ceklis). pertanyaan menanam gak muncul lagi, ketika kamu menginjak, dan gak bisa di injak, soalnya ada rumput yang akan tumbuh, membesar dan membesar (Parallel Process)
    • Tumbuhnya tanaman cukup lama, tergantung waktu (Wait) yang di masukkan (dalam jumlah frame). sampai menuju ke variable selanjutnya, dan grapic terus berubah sampai tab ke 12..
  9. Tab 1 adalah dimana Kamu bisa menanam, tab 2-7 adalah tab proses pertumbuhan jagung sampai bisa di petik. Sedangkan Tap 8-12 adalah tab buat Strawberry.

    (Gambar 3. Penampakkan metamorfosisnya :v)
 Penjelasan gambar 3:
1 > 2 > 3 > 4, udah mentok empat (4) gak bisa numbuh lagi harus di ambil dulu tuh buahnya. klo sudah di ambil maka akan di mulai dari 4 > 2 > 3 > 4. petik lagi, maka 2>3>4.. petik lagi 2>3>4.. dst. :v

Pengembangan :
Jika musim sudah berganti, maka tanaman kamu layu, dan mati.. harus di tebas.. ketika kamu mengambil celurit dan mencoba menebang (-_-) maka akan muncul pesan "hancurkan?". klo milih "Yes" maka akan kembali ke variable awal, yaitu menam ulang kembali..

Sukses bro..


Sekian..
Mohon Maaf ~

Terimakasih ~

1 komentar:

  1. Rpg maker XP, bisa bikin alat transportasi gk bro.....
    Ajarin donk..

    BalasHapus

Berkomentarlah secara relevan sesuai topic yang di bahas..
Pengunjung yang super selalu meninggalkan jejak di komentar.