Pengertian Sistem Operasi, Runtime Environment, Emulator dan Rantai Firmware

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Emulator bias diartikan sebagai program yang dapat menjalankan OS dalam OS, misalnya : OS windows bisa menjalankan OS linux dengan suatu program yang disebut emulator atau bias juga disebut piranti

Runtime Environment bias di artikan Emulator/peralatan Terminal remote, Dalam keadaan ini, program ini dapat mengirim instruksi untuk prosesor komputer dan mengakses memori komputer (RAM) dan sumber daya sistem lainnya. RTE juga biasa di pakai programmer untuk menguji  program ketika sedang berjalan, di mana programmer dapat melacak petunjuk sedang diproses oleh program dan melakukkan debug kesalahan yang mungkin timbul.

Pengertian Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas.

Apakah emulator dan RE bisa di anggap OS? Jawabnya tidak, karena Emulator dan RE merupakan program pada Operation system.

4 komentar:

Berkomentarlah secara relevan sesuai topic yang di bahas..
Pengunjung yang super selalu meninggalkan jejak di komentar.