Step 1 - Hello World

Pemrograman C - Hello World

    Ane akan membahas langkah yang lagi-lagi sederhana untuk mulai menulis program dengan Bahasa C ke dalam kompilator kita, katanya di sebut : Code::Blocks. 

   Jadi disini ane ceritanya cuman mau nambilin teks, wujudnya "Hello World". kayaknya simple aja ya gak brow?? oke,, sekarang ketikan pada baris program Code Block kita. 


(Gambar.1 Penampakkan)


<note : Code Blocks biasanya akan mengisi secara otomatis baris program yang Anda ketik seperti tanda kurung dan tanda kutip> 


Lalu jalankan program diatas dengan cukup menekan tombol F9 (biasanya) pada keyboard. Maka hasil yang akan muncul adalah sebagai berikut :


(Gambar.2 Olah TKP)

Oke, Sekarang kita akan membahas baris program yang kita buat.
 
  • # Include <stdio.h> : memerintahkan pada kompilator untuk memasukkan informasi tentang standard input/output (stdio adalah kependekan dari standard input output). Baris ini biasanya selalu dipakai dalam kebanyakan baris kode yang menggunakan Bahasa C.
  •  {
            Printf("Hello! World.. \n");
    }
    baris ini ditulis sesudah main yang di awali dengan kurung kurawal '{ ' dan diakhiri oleh pasangan hidup kurung kurawal tersebut yaitu tanda tutup kurawal '}'. "nah.. kurung kurawal aja ada pasangan hidup, masak lo ngga? whaha :v " Baris yang merupakan isi sebuah program ini disebut statements atau 'pernyataan'.
    Di baris tersebut terdapat fungsi yang merupakan bagian dari stdio.h yaitu printf. Dimana printf berfungsi untuk menyediakan output dari argumen dalam tanda kurung sesudah dirinya. Argumen yang ditampilkan-nya dalam kasus ini adalah "Hello World!\n" dimana yang akan tampil dalam output nanti hanyalah Hello World! tanpa tanda kutip dan tanda aneh: \n.
    Okelah, '\n' tidaklah se-aneh itu. Ia berguna untuk memberi baris baru dalam argumen yang kita buat. Ya, seperti kita menekan Enter sesudah kata Hello World!. Anda dapat mencoba untuk menghapusnya dan melihat apa yang akan terjadi. 
 
Selain \n juga ada baris mirip yang memiliki fungsi berbeda seperti \t untuk tab, \b untuk backspace, \" untuk kutip dua,  \\ untuk garis miring itu sendiri (backslash), dan masih banyak lagi yang akan kita bahas di lain kesempatan.


Sekian~
 

Credit : dipoputra.com

2 komentar:

Berkomentarlah secara relevan sesuai topic yang di bahas..
Pengunjung yang super selalu meninggalkan jejak di komentar.