Membuat Skill dan Basic Attack - XAS - RPG Maker
Untuk membuat Serang atau Skill pada Action Battle System Salah satunya pada XAS tergolong ribet, namun di luar dari ribet itu XAS memiliki beberapa kombinasi yang bisa di ekspresikan oleh penggunanya. Apa saja yang perlu di Lakukkan untuk membuat Attack/Skill ini ?
1. Graphic Character
1. Graphic Character
(Gambar 2. Contoh graphic saat menyerang) |
Sediakan Graphic Character saat menyerang, Hal ini di rasa perlu agar Graphic karakter berubah seakan menyerang ketika menggunakan serangan/skill tersebut.
2. Skill/Attack pada Database
(Gambar 3. Skill Database) |
Sekarang buat Skill dan kreasikan sesuka hati, tapi perhatikan nomor skill yang kamu buat seperti yang sudah saya tandai merah. Nomor atau urutan pada Skill itu akan berhubungan dengan tahap selanjutnya.
3. Event
(Gambar 4. Event) |
Event ini di buat pada MAP pertama bernama "TOOL". oke, sekarang perhatikan 'ID/number event'
angka/urutan menunjukkan sama dengan urutan pada Database Skill yang sudah kita buat tadi. Untuk mengatur pergerakan Skill/Attack pada event ini bisa di lakukkan menggunakan Type Costume > Move Route. 1 Step Forward di sana berarti event akan maju 1 langkah dari pengguna, Kreasikan sesuai tipe serangan yang di inginkan. Contoh serangan yang di kreasikan bisa seperti ini..
(Gambar 5. Hasil variasi serangan) |
4. Script
Untuk Script sendiri bisa menggunakan ini :
#==================================================================#
module Database_Bullet
action_id = 342 #ini adalah urutan skill number pada database
LINK_ACTION_ID[action_id] = 0 #ini biasa di pakai untuk basic attack dalam serangan lanjutan
SUFLAGS[action_id] = 13 #ini waktu frame saat menggunakan
DURATIONS[action_id] = 13 #durasi saat menggunakan skill ini (frame)
SELF_MOTIONS[action_id] = "_ATK" #Graphic pada karakter ketika menggunakan skill
plan = []
plan[3] = action_id
ATTACK_ID_PLANS[action_id] = plan
ATTACK_RANGE_TYPES[action_id] = SQUARE #Tipe Luas serangan
ATTACK_RANGE_PLANS[action_id] = [1]
BLOW_POWERS[action_id] = 0 #Target Mundur beberapa langkah (number)
SELF_ANIMATION_PLANS[action_id] = []
SELF_ANIMATION_HIT[action_id] = 0
TARGET_INVINCIBLES_DURATIONS[action_id] = 1 #Saat kena serangan, target kebal (frame)
ANIMATION_SPEED[action_id] = 1.0
FORCE_MOVE[action_id] = FORWARD #Pengguna Maju satu langkah
PLAYER_CAST_TIME[action_id] = 0 #hitungan sebelum menyeluarkan skill (sec)
end
#==================================================================#
Untuk Script sendiri bisa menggunakan ini :
#==================================================================#
module Database_Bullet
action_id = 342 #ini adalah urutan skill number pada database
LINK_ACTION_ID[action_id] = 0 #ini biasa di pakai untuk basic attack dalam serangan lanjutan
SUFLAGS[action_id] = 13 #ini waktu frame saat menggunakan
DURATIONS[action_id] = 13 #durasi saat menggunakan skill ini (frame)
SELF_MOTIONS[action_id] = "_ATK" #Graphic pada karakter ketika menggunakan skill
plan = []
plan[3] = action_id
ATTACK_ID_PLANS[action_id] = plan
ATTACK_RANGE_TYPES[action_id] = SQUARE #Tipe Luas serangan
ATTACK_RANGE_PLANS[action_id] = [1]
BLOW_POWERS[action_id] = 0 #Target Mundur beberapa langkah (number)
SELF_ANIMATION_PLANS[action_id] = []
SELF_ANIMATION_HIT[action_id] = 0
TARGET_INVINCIBLES_DURATIONS[action_id] = 1 #Saat kena serangan, target kebal (frame)
ANIMATION_SPEED[action_id] = 1.0
FORCE_MOVE[action_id] = FORWARD #Pengguna Maju satu langkah
PLAYER_CAST_TIME[action_id] = 0 #hitungan sebelum menyeluarkan skill (sec)
end
#==================================================================#
- Basic Attack or Charge Attack
(Gambar 6. Created Basic Attack) Pada Script itu di maksud Skill tersebut di masukkan kedalam sebuah senjata (Weapon), jadi fungsinya nanti ketika menekan tombol menyerang akan menghasilkan Skill tersebut "C Button".
Syntax : NumberWeapon => NumberSkill, contoh : 1 => 2,Hilangkan koma jika urutan berada paling bawah (di atas kurung tutup kurawal'}')Charge Attack & Charge Time(Gambar 7. Script Weapon) - WEP_CHARGE_ID : Tempat untuk kumpulan skill dalam mode charge senjata
Syntax : NumberWeapon => NumberSkill, contoh : 1 => 2
Hilangkan koma jika urutan berada paling bawah (di atas kurung tutup kurawal'}') - WEP_CHARGE_TIME : Tempat untuk melakukkan setting Hold Attack (Special Attack), Semakin Rendah angka yang di masukkan, semakin lama dan begitu sebaliknya.
Syntax : NumberWeapon => TIME, contoh : 1 => 0.2
Hilangkan koma jika urutan berada paling bawah (di atas kurung tutup kurawal'}')
- WEP_CHARGE_ID : Tempat untuk kumpulan skill dalam mode charge senjata
- Skill
(Gambar 8. Database > Skill) Untuk Skill hanya perlu mengubah pada 'Occasion' dari Never menjadi Always. 'Always' akan dapat di gunakan ketika skill itu tampil di menu skill, namun ketika berada pada 'Never' Skill tidak bisa di gunakan ketika berada di Menu skill, namun mampu bekerja pada basic attack..
gan... cara ubah Turn Based Battle System (default RPG Maker) ke ABS bagaimana ?? tolong bantuannya
BalasHapusmenggunakan script punya XAS battle system, Yang ada di artikel ini membahas script pada XAS.
Hapus