Membuat Game Dengan Mudah

Ceritaku Dengan si Dia

 (Gambar 1. Tampilan keseharian ku)

Download

    Baiklah, Aku akan berbagi pengalaman bagaimana aku menemukan software ini. Pada tahun kisaran 2011 sampai 2012 waktu itu aku masih kelas 1 SMK jurusan komputer, dikala itu aku ada latihan praktik menggunakan software Flash a.k.a bikin animasi (gak bahas flash), saat itu ada seorang Guru aku bilang "Flash bisa bikin game" nama guru aku tuh ibu Rahmi, meski beliau cuma bilang "Flash bisa bikin game, namun berkat beliau ane menemukan software ini. mantaf Bu !!    Sepulang dari sekolah, aku buka komputer ku yang setia, namun kini komputer itu sudah mokad (T_T), ok baiklah.. Aku mencoba mencari caranya membuat game menggunakan Flash sampai liatin tutorialnya, namun tak lama setelah itu, aku mengganti keyword menjadi software membuat game, ada banyak list terdaftar mulai dari Game Maker, RPG Maker XP/VX/Ace, Unity,dll. Satu persatu aku cari, namun ada yang membuat mata ini tertarik yaitu pada RPG Maker XP, dan ini klo di liat2 banyak yang bilang membuat game dengan mudah dari blog ke blog.

   RPG Maker XP udah aku download + Install, itu prosses penginstallannya lama, karena ga paham waktu itu. Mulailah mencoba, sambil baca modulnya. logo [S] adalah Start pada player, aku coba "Play", WOoW!! amazing, selanjutnya bikin Map dengan tenda dan pohon dan.. WOOOOWW aku tercengang. Senang banget waktu itu bisa bikin game, meski cuman bisanya cuma jalan. Namun tak apalah..

   Saking senangnya aku bilang ke Emak aku, klo aku bisa bikin game. Sungguh betapa bahagianya aku mengenal diri mu. Sampai sekarang aku masih bergelut mengisi kekosongan hidup ku dengan mu dan kau tau apa yang mereka bilang mudah itu tak terlihat lagi, yang kini muncul hanya problem2 saat aku sudah begitu banyak mengenalmu. Namun, masalah ini kau tunjukkan agar aku tau bagaimana menaklukkan mu.. Terimakasih RPG Maker~

    Namun ada satu kalimat yang membuat down ketika itu saat ada yang bilang yang intinya membuat game menggunakan software ini ibarat gampang gak ada harganya (lu kira bikin game harus memakai software bikinan sendiri,gitu? whatt). Aku rasa itu ada benarnya kalo pengen 100% original dari tangan mu sendiri. Aku rasa ini perlu dicoba untuk langkah awal, kita gak butuh team untuk memulai, kita bisa memulainya sendiri terlebih dahulu, sampai membuat team semacam developer untuk mengerjakan game yang besar. Jadi, mau dengarkan kata2 negatif dari mereka juga gak apa. masih banyak orang yang menghargai karya mu. ini sedikit pengalaman aku.. (jgn dibahas)     >

   Satu hal yang aku suka, aku ibarat membuat kehidupan dengan imajinasi mimpi menjadi sebuah permainan, meski bisa di bilang game ini kalah graphic dengan game zaman sekarang. Namun aku percaya Game itu gak harus Perfect, yang penting Enjoyy.. :D





   Untuk membuat sebuah alur game, tidak ada cara khusus selain mengenal menu event yang ada di software ini, kegunaannya bisa beragam dan tidak mesti mengikuti cara orang begini begitu, melainkan pola pikir yang kita pakai. maka :

  1. Kenali kegunaan fungsi dari event (variable,switch,transfer,blabla..)
  2. Usahakan mengenal dulu, jgn terlalu berharap untuk membuat sebuah game besar (tapi boleh lah mengenal sambil2an) Klik


Download Softwarenya : Klik Di sini !!

Penjelasan mengenai Toolnya : Di sini 
Beberapa hasil Game ane : Klik 

 Dan kini aku tak pernah menyesal mengenalnya. karena apa?
  1. Mungkin bagi saya, ini melatih logika dalam pemrograman
  2. Imajinasi ku tak terbuang sia2. Aku bisa membagi dengan hasil imajinasi yang di bilang hanya mimpi biasa bisa di saksikan lewat game.
  3. Ada yang bilang sudah jadi bahan Skripsi. (asek dah, gak rugi aku mengenalmu)
  4. Aku tau banyak dev Indonesia yang sudah membesarkan nama gamenya, meski game berbahasa inggris sehingga tak di kenal sekitarnya.
  5. Dijual atau menjadi sebuah hadiah? burn/copy ke cd/dvd dan bagikan ke teman kamu..
  6. dll. (kreatif sesuka mu)


   Oke broww.. Jika ada pertanyaan seputar Software ini bisa saja di tanyakan, meski aku belum sepenuhnya tau. Beneran, tanya aja bisa lewat email,Facebook atau di komeng..


Sekian Terimakasih~


Download Softwarenya : RPG MAKER XP  Full


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara relevan sesuai topic yang di bahas..
Pengunjung yang super selalu meninggalkan jejak di komentar.